Saturday 28 September 2013

Pengalaman di Operasi Kalazion

awalnya aku kira itu BBB alias benjolan bintit biasa,eh ternyata itu BBA alias bukan bintit biasa,kenapa soalnya aku kena penyakit yang namanya KALAZION,apa itu kalazion??sejenis bintit tapi susah keluar isinya gak kaya bintit biasa,kalau kata sumber di google:
kalau males baca kalian bisa kunjungi vlog aku di youtube ya... ini link nya...BEGINI RASANYA DI OPERASI KALAZION


 DokterSehat.com –" Kalazion adalah peradangan granulomatosa kelenjar Meibom yang tersumbat. Kondisi ini menyebabkan munculnya benjolan kecil di kelopak mata yang disebabkan adanya penyumbatan kelenjar minyak dalam kelopak mata.
Penyebab
Kelenjar Meibom merupakan kelenjar sebasea yang memproduksi minyak guna membentuk permukaan selaput air mata. Penyumbatan pada saluran kelenjar Meibom menyebabkan tumbuhnya kalazion pada kelopak mata.
Gejala
Awalnya gejala kalazion hampir sama dengan hordeolum, yakni
  • Kelopak mata bengkak
  • Nyeri
  • Iritasi
Kemudian setelah beberapa hari gejala menghilang namun kelopak mata tetap bengkak membentuk bundaran tanpa rasa nyeri dan tumbuh secara perlahan. Di bawah kelopak mata terbentuk daerah kemerahan atau abu-abu."

sebenenya sih aku udah lama ada benjolan cuman waktu itu aku kira cuman bintit biasa,eh taunya udah lama pun benjolannya malah betah di kelopak mata aku,hmmm nah beberapa minggu kebelakang aku rada curiga,kok ini bintit gak sembuh-sembuh yah...malah makin besar,parno kan tuh jadinya liat benjolan itu,akhirnya aku laporan sama tuan mamih sama tuan papih,yaudah kita putusin buat periksa ke dokter minggu depan soalnya waktu itu hari sabtu dokter pasti  pada tutp libur weekend.

nah seminggu aku cari-cari info di mbah google,taunya itu bintit namanya kalazion,aduh ada-ada ajah yah??dan taunya harus di bedah,harus di operasi kecil atau dikeluarin kali tuh isinya,soalnya aku baca dari internet gini:

 "Pengobatan
Bila kalazion mulai menunjukkan gejala segeralah kompres kelopak mata dengan air hangat selama 10-15 menit, lakukan minimal 4 kali tiap hari. Pengompresan hangat bisa melunakkan minyak yang mengeras dan menyumbat saluran sehingga dapat mempermudah pengaliran dan penyembuhan.
Kalazion juga bisa menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 1 bulan, namun bila kalazion makin membesar mungkin diperlukan pembedahan. Biasanya pembedahan dilakukan di bawah kelopak mata agar tidak membentuk jaringan parut di kulit. Selain itu, obat tetes mata yang mengandung antibiotik biasanya digunakan beberapa hari sebelum dan sesudah pengangkatan kalazion"
Read more: http://doktersehat.com/kalazion-bukan-sekedar-bintit/#ixzz2gApfX5hU

sebelumnya iya aku kompres tuh,lumayan ada efeknya si kalazion itu rada ada perubahan,rada mengecil,tapi takut ada apa-apa kemaren aku periksain ke dokter spesialis mata,katanya emang harus dikeluarin atau dioperasi kecil,biayanya murah kok gak mahal-mahal banget.

nah kemaren pas dokter bilang harus di operasi hari itu juga aku langsung di operasi,sumpeh ih serem tau mikirnya,wong namanya "operasi"ya pasti serem lah cuman ada embel-embel "kecil" jadi rada gak takut juga sih.

aku masuk ruangan steril,ruangan operasi mata aku pake tetes mata buat bius,biusnya bius lokal,terus udah gitu mata aku dipakein apa gitu lupa lagi,gak inget boro-boro yang ada dag dig dud der ,grogi,pokoknya kesannya takut,eh tapi operasinya gak makan waktu lama paling sekitar 6-10 menit,ahk pokoknya sebentar.
udah deh mata ku diperban.

tapi ada yang aneh,mata aku masih ada benjolannya,gak tahu itu bekasnya atau masih ada tuh si kalazion,ya mudah-mudahan ajah mungkin itu efek dari operasi kemarin,kalaupun emang masih ada mungkin harus dioperasi lagi atau sementara aku kompres dulu pake air anget.

yups guys pokoknya sehat itu emang indah,bintit mungkin kita cuman menganggap itu penyakit biasa yang sering orang alami dan sering di anggap sepele,tapi jangan anggap sepele juga,jaga kesehatan terutama kesehatan mata,apalagi yang sering  pake lensa mata,jaga kebersihannya tuh.

hmmm minta doanya ajah deh mudah-mudahan aku cepet sembuh dan si kalazion itu gak nongol-nongol lagi,amin.

76 comments:

  1. Gimana hasil operasinya skrg ? Dan brp biaya u operasinya !

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah sudah sembuh...untuk biayanya gak bisa nyebutin berapa soalnya saya lupa,pokoknya waktu itu lumayan murah di bawah 400rb trmasuk obat,tapi itu juga tergantung dimana opersinya,bisa saja beda harganya.

      Delete
    2. Pas dioperasi sakit ga? Soalnya waktu itu aku juga operasi. Tapi sakit banget. Sampe aku teriak -_-

      Delete
    3. mmm lumayan sakit...tapi gak sakit2 banget,sakitnya pas di operasi ajah,besoknya gak sakit lg. :)

      Delete
    4. Kaak aku mau tanya, ini aki abis oprasi kalazion jg.. Tp abis oprasi masih ada bintiknya.. Itu emg kayaa gt atau oprasi ku blm berhasil ya kaak?

      Delete
    5. Sama mba alvia sama aku,cuma lama kelamaan ilang sendiri,,cuma kalo aku masih sedikit merah ajah bekasnya,padahal insisi nya udah lama

      Delete
  2. Mau tanya yang terkena kalazion kelopak mata atas atau bawah? Sakitnya ketika operasi yah? Sudah di bius lokal masih terasa sakitnya ketika dioperasi? atau setelah operasi? Dan proses penyembuhannya brp hari?

    Mohon infonya yah...karena aku juga ada kalazion di kelopak mata atas dan takut jika dioperasi sangat sakit. Sedangkan aku udah menggunakan obat tetes dari dokter tapi tidak bisa hilang juga, sehingga harus dioperasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg atas,yups sakit pas di operasi tapi dikit sakitnya,iyah udah di bius tapi gak sakit banget,ya mungkin ajah waktu itu aku kaget ,penyembuhannya cepet kok,besoknya pas udah di operasi mata kembali norma lagi,tapi kata dokter gimana?kalau kata dokter harus di operasi ya operasi ajah,

      Delete
    2. Dikit yah sakitnya? Karena baca sana sini operasi kalazion kelopak mata atas pada sakit jadi makin serem.hehe. jadi besoknya bnr2 udah hilang benjolannnya?

      Dokter sih blg kl pakai obat ga sembuh brati harus operasi :( tapi karena takut banget karena berhub sama mata, sampai sekarang masih aku tunda...

      Di mata kiri aku juga ada...cm aku diemin aja karena ga begitu keliatan...tapi mata kanan keliatan jadi terpaksa harus dioperasi...

      makasih yah infonya :)

      Delete
    3. dikitlah cuma operasi kecil kok,...lagian sakitnya pas di operasi ajah besokknya biasa lagi,udah hilang cuman ada bekas warna biru,tapi lama-lama ilang juga.

      saran aku sih kalau kalazionnya makin besar ya harus di operasi takut kenapa2,tenang gak usah takut,...

      aku juga sama ,kan dulu yang di operasi kalazionnya di mata kanan,nah yang kirinya ternyta ada juga, tapigak aku operasi,soalnya ada yang biilang entar juga sembuh sendiri,itu kata temen aku yang pernah ngalamin penyakit ini sama ayah aku sendiri,tapi waktunya lama buat sembuh.

      tapi saran aku daripada di diemin,lagian kata kamu tadi lumayan besar kan?jadi mening kontrol lagi kedokter ,minta saran dokter juga,harus di operasi atau gimana.

      yups sama2. :)

      Delete
  3. Sekarang gimana bintitannya ?sudah sembuh total ?kemarin aku habis operasi juga kalau aku benjolannya di dalam mata ,tapi setelah operasi ,masih ada benjolannya memang ngga besar dari sebelumnya sih ,itu apa harus di operasi lagi ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamduliah sudah sembuh total...wah kalau gitu aku gak tahu,tapi kalau mau tahu lebih jelas mening kamu konsultasi lagi sama dokter yang operasi kamu...semoga lekas sembuh :)

      Delete
    2. Kaak sama nih kasusnya... Trs benjolan kakak udh ilang belum? Di oprasi lg atau gmn kaak?

      Delete
  4. Operasi kalazionnya itu meninggalkan bekas ya? aku baru mau di operasi nanti..agak taukut sih sama dokter yang tangani mata aku.. katanya "kita membutuhkan banyak benang" emang gituya operasi kalazion pake di jahit segala?

    kata itu dokte juga "ada daging yg menumpang di kelopak mataku" hikkss bangett :'(
    kira2 itu meninggalkan bekas gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya kita beda kasusnya,soalnya waktu itu aku gak berbekas cuman ada warna lebam diluar kelopak mata aku dan itu ukurannya kecil ,sekarang udah gak berbekas lagi,,aku lupa waktu itu di jahit apa enggak tapi yang jelas operasinya bukan diluar kelopak mata tapi bagian dalam kalau aku gak salah....

      tapi kalau kasus kamu aku gak tahu...kalau pake benang dan operasi itu di lakukan diluar kelopak mata itu bisa jadi menimbulkan bekas,tapi mening kamu konsultasi lagi sama dokter kamu,biar jelas.tapi itu kalazion kan??

      Delete
    2. gak sih dokternya gak bilang itu kalazion.. tapi dia bilangnya ada daging menumpang yang bermula dari bintitan.. aku searching aja di google tentang daging menumpang di kelopak mata.. trus aku nympulin sendiri kalo itu kalazion karna bintitannya gak sakit lagi tapi bintitannya itu gak lebam kaya yang kamu bilang.. sampai sekarang aku belum operasi karna takut gara2 dokternya bilang gitu jadi aku pake obat herbal aja buat nyembuhinnya..
      emang kamu masuk kamar operasi atau di ruangan khusus?

      Delete
    3. harusnya kamu tanya sama dokternya itu kalazion bukan...maksud lebam disana ketika bekas operasi bukan bintitnya yang lebam...tapi sekarang udah gak lebam lg...sebaiknya kamu konsultasi ajah sama dokter untk lebih lanjut...

      Delete
    4. Ka mau tanya pas dioprasi kalazion obat bius nya disuntik apa cuma pake obat tetes aja

      Delete
    5. Sekarang biayanya 950 sama obat loh mba.. Td Iseng2 nyari pengalaman d Google.. Soalnya saya sudah sebulan hbs insisi chalazion

      Delete
  5. setaun yang lalu mataku bintitan, kanan dan kiri. lalu krn yg kanan wkt itu inflamasi nya lebih besar jadi dioperasi dulu. setelah dioperasi ternyata masih bengkak jg yg kanan. trus dioperasi lagi deh, (yg kanan jadinya dioperasi 2 kali).
    lalu sembuh...
    setaun kemudian (sekarang) bintitan yg mata kiri masih awet... baru niat mau operasi biar sembuh kayk yg kanan.... eh malah kanan bintitan lagi,,, efek gatalnya kerasa banget kalo habis makan telor, udang, mi, pokoknya yg protein tinggi gtu...

    baca artikel jg, kalazion bs bikin astigmatisma dan parahnya bisa glaukoma ( semoga kita semua jangan sampai kena).
    jadi kita harus menghindari protein tinggi... sprti putih telur..
    thanks sharingnya... jadi g ngrasa kesepian trnyata punya temen yg kalazion jg hehhe
    smoga kita lekas sembuh, dan slalu jaga kesehatan..
    jangan takut di insisi yaaaaaah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasca oprasi, sekitar 1 - 2 hr setelahnya, bengkak ga?

      Delete
  6. kemarin aku habis insisi. tapi kok pagi nya mata aku jadi lebam gitu ya.? orang jawa sih bilang abuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu gak apa2,entar ilang sendiri,mungkin efek setelah insisi...aku juga kaya gitu,kok lebam biru keungu-unguan,tapi lama2 ilang kok,dikit kan lebamnya??kalau masih penasaran kenapa mening hbungi dokter yg insisi kamu.

      Delete
    2. Insisidimana kaloboleh tau ya? Danberapa?

      Delete
  7. gimana kalazion kamu uda sembuh ? aku juga kena kalazion abis insisi tapi tumbuh lagi :(

    ReplyDelete
  8. penyembuhan operasinya berapa lama? aku jga kena kalazion. kira2 udah 3 bulan aku kena kalazion. ini operasi kedua aku. walaupun udah 5 hari pasca operasi masih agak bengkak walaupun gak sebesar pra operasi. aku takut bengkaknya gak hilang :'( mohon komentarnya yaa

    ReplyDelete
  9. haii..
    aku mau share pengalaman aku jg nih..
    sekitar 2 th kelopak mata kanan bagian dalem aku kyk kena bintil gitu warna merah n ada nanahnya, trs aku cek ke dokter, dokternya blg harus bedah, aku lupa deh dulu apa namanya, karna aku takut, aku minta obat aja, dokternya bilang kemungkinan sembuh sangat kecil kalo pake obat, tp stlh minum obat 2minggu, sembuh..
    nah 1 th kemudian, timbul lagi di ujung kelopak bagian dalem sblh kanan, aku msh ga terlalu concern, eh kiri jg ikut tumbuh, trs makin lama yg kanan gede banget, trs aku cek ke JEC di kedoya, dokternya bilang itu kena virus dan jdnya hordeolum, cara satu2nya harus bedah, penyebabnya juga bisa karna makanan kyk keju, coklat, kuning telur dan susu, trs aku dulu pake eyeliner tiap hari, jd dokternya bilang dr kanan bs nular ke kiri karna eyeliner.. aku blm percaya n pindah ke dokter lain tp msh di RS yg sama, dokter tetep bilang harus bedah, dan penyebab hordeolum karna debu, bkn makanan.. akhirnya aku bedah sama dokter yg pertama itu, karna ku pikir dia lebih tua dan berpengalaman..
    waktu bedah, rasanya sakit luar biasa, aku ampe nangis dan alhasil mataku di perban dua2nya selama 15 jam..
    setelah 1bulan bedah, mata kananku timbul lagi, aku balik ke dokternya dan dokter itu blg bkn hordeolum, malah di kasi obat paru2 dan makin parah..
    akhirnya aku ke KMN di kebon jeruk dan dokter bilang itu bukan hordeolum lagi, itu udah kalazion dan harus bedah lagi, dokternya gada blg penyebab pastinya, cm dia ks cara utk preventifnya, kyk cuci bulu mata, kompress, dll..
    tdnya aku pikir aku gamau bedah di Indo lg, uda kurang percaya.. tapi kebetulan dapet referensi dari org yg udah bedah katanya ada dokter mata lulusan german yg bagus praktek di RS Royal Taruma, akhirnya aku kesana, kemudian setelah konsul aku bedah, 9 hari kemudian aku ngerasa ada benjolan lagi di kelopak kanan yang bekas bedah.. jujur sih makin liat di internet makin serem, ada yg blg kemungkinan kanker kulit, dll.. aku pengen cek lagi, tapi mungkin udah ga di Indonesia, trauma bolak balik bedah terus, mana sakitnya luar biasa :(
    dan setelah di hitung2 juga viaya yg aku keluarin utk bolak balik bedah n konsul bukan biaya yg dikit, jd mending di LN sekaligus mahal dan ga balik2 lg sakitnya..
    itu aja si sharingnya, semoga bermanfaat yaa..
    dan moga smua kita yg kena hordeolum maupun kalazion cepet sembuh yaa :)
    God Bless Us :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kira2 dokternya masih di rs situ gak ya

      Delete
  10. Setelah oprasi, matanya agak bengkak gt gak?

    ReplyDelete
  11. Kamu wktu itu operasinya drumah sakit mana? Ko murah? Saya operasi kalazion jg hrganya 1.500.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru dioperasi jg.. di cicendo bdg 200rb kak..

      Delete
    2. Sakit g :(
      Serem klo dnger kata operasi... Blm periksa udh Lemess dluan

      Delete
  12. Wah saya penasaran juga saya aja buat operasinya aja 1,7 juta itupun belum obat obatannya.total hampir 2 jta..di RSUD malahan.

    ReplyDelete
  13. Saya barusan operasi kalazion juga di mata kiri. Skrng msh d perban. Apa iya bisa tumbuh lagi? Jd takutt nih... Rencanax d mata kanan jg akan d operasi 10 hari lagi..... Jd takut nantik tumbuh lagi.... Apa ini ada kaitanya dgn pemakaian softlens yah sob?

    ReplyDelete
  14. Operasi nya tdk berhasil....soalnya lokasinya jauh...so bengkaknya masih ada. Hikhikhik

    ReplyDelete
  15. untuk biaya mungkin itu tergantung rumah sakit atau apa gitu saya lupa,saya kurang mengerti soal harga yang pnting saya sembuh itu ajah.

    ReplyDelete
  16. ada gak sih obat herbalnya?

    ReplyDelete
  17. saya baru oprasi kalazion.tapi kenapa sehari sesudah oprasi mata jadi bengkak dan lebam juga sedikit gatal. kenapa yah??

    ReplyDelete
  18. Mba widia mohon infonya operasi kalazion di rumah sakit mana? Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Skrg lg mengalami kalazion nih dan parahnya ini kena di anakku 4thn usianya. Operasi wajib bius total, aku ud mikir dan maju mundur utk operasi smbl nunggu kalazion anakku mengecil tapi ga ada perubahan walau ud 5bln. Sepertinya hrs rela anakku dibius total deh demi membuang kalazion nya. Karena takut makin lama jd efek ga baik k penglihatannya, mendingan rela bius total dibanding ke depannya malah astigmatisma atau minus tinggi krn kalazion menekan bola matanya.

    Cuma stlh baca2 ternyata kalazion ini bs kambuh. Mati lahh masa anakku mesti terus2an bius total lg tiap operasi... Kalazion ini bikin puyeng jg yaa ternyata!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, mau tanya dong. Dulu operasi kalazion dengan bius total habis biaya brp ya? Anak ku umur nya 2 thn pasti bius total jg

      Delete
  20. Mau nanya dong, itu hbs di operasi masih ada benjolannya apa cm lebam trus kyk normal kembali? Aku jg kyk kalazion, mau di operasi tp takut klau sakit trus benjolamnya msh ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 tahun yang lalu saya di operasi kalazion, dan karna sayam jorok ,tidak memperhatikan kebersihan mata akhirnya sekarang kalazion saya kambuh lagi, intinya kalazion bisa datang kembali kalau kita tidak memperhatikan kebersihan mata.

      Delete
    2. Mbak Widi yg dulu abis oprasi kan masih bengkak dan lebam, bilang bengkaknya brapa lama ya?
      Ini pasca insisi masih bengkak kembang kempis malah muncul baru lagi, padahal udah diet protein.
      Btw thanks temen2 semua yang udah comen jadi banyak masukan

      Delete
  21. Mbak widi baru operasi kalazion d rs mna?? Sya jga udh d operasi tpi tmbuh d sblh kanandan mau d operasi jga. Boleh berbagi tips minum obat apa?

    ReplyDelete
  22. Jadi panas dingin plus gelisah sendiri habis baca ini,kira kira berapa bulan ya bru ilang sendiri? Bulan keberapa harus operasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berapa lama bisa sembuh dengan sendirinya saya gk tahu tapi menurut pengalaman sih lumayan lama... harus d oprasi kalau si bengkaknya sudah membesar dan mengganggu penglihatan kalau aku sih gitu

      Delete
  23. Mungkin beda tempat beda harga ,penanganan dll tolong sebutkan biaya nya berapa ? supaya orang tahu gak kepo...

    Kebanyakan org disekitaran 700 rb - 2 juta paling mahal... ama gono gini dan mungkin tergantung seberapa parahnya..

    tuh di atas ada yang komen 200 rb untuk operasi di daerah bdg.... saya mau ke bandung juga di tasik dokternya gak nyaranin langsung operasi kecil langsung padahal udah gede dan udah lama gak sembuh2 abis biaya buat pakai makan obat doank... buat operasi gak cukup 700 rb :( mau bandingin ama disana...

    ReplyDelete
  24. Wah 3 th lalu postingnya masih lama, Beda nggak sih kalaizon sama hedroleum itu ?
    Aku akhirnya juga harus insisi nih :(
    sedih kalii padahal bayangin aja ngeri

    ReplyDelete
  25. aku kemarin baru selesai insisi gak terlalu sakit kok butuh waktu 10 sampai 15menit. .
    tapi masih ada benjolan apa boleh dikompres pakai air hanget biar kempes

    ReplyDelete
  26. Aku kmrin bru aja insisi, gak sberpa sakit ko dn cm sebentr trs gratiis pkek bpjs gk byar sma sekalii,

    ReplyDelete
  27. Aku kmrin bru aja insisi, gak sberpa sakit ko dn cm sebentr trs gratiis pkek bpjs gk byar sma sekalii,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalaizonya udah sembuh belom kak? Ada bekas ga? Saya juga ada kalaizon setelah kiri mata saya. Mohon infonya.

      Delete
    2. Kalaizonya udah sembuh belom kak? Ada bekas ga? Saya juga ada kalaizon setelah kiri mata saya. Mohon infonya.

      Delete
  28. Aku abis insisi juga,,cuma dalem kelopak mata aku masih sedikit merah,,apa itu hal yg normal?

    ReplyDelete
  29. Kak itu sembuhnya brp hari? Takut kelamaan bolos sekolah hehe

    ReplyDelete
  30. wah ternyata banyak ya ,,
    aku baru kemaren ke KMN and disarankan untuk diangkat
    agak takut sih....sampai sekarang masih ragu
    tapi omong an dokter itu bikin deg2 an..karna dia membawa2 perlu pemeriksaan glucoma juga
    kalau sudah terlalu lama
    biaya insisi sekitar 900 rb ..blom biaya yang lain2 ...masih bingung and pengan cari option lain

    ReplyDelete
  31. Mbak setelah di insisi gimana hasilnya? Kok aku kemaren setelah di insisi benjolan nya masih keliatan ya, kira2 berapa lama bisa normal kembali seperti semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu efek dari operasinya... saya juga untuk kalazion masih suka kumat, malah tumbuh lagi namun beda tempat, jadi saking boesn di poperasi saya biarin aja

      Delete
  32. Wah ternyata banyak ya yg kalaizon kaya aku. Mau sharing doang ni, aku jg udh kalaizon dr setaun lalu, cuma krna takut operasi, mankanya aku diemin. Dan pernah pecah pula benjolan dimata kanan ku ini. Isinya nanah. Dan stlh ke dokter, akhirnya dia bilang krna nanahnya udah mengeras, sebaiknya di operasi kecil aja. Dan aku dioperasi minggu depan. Semoga lancar dan semoga temen2 jg memberanikan diri supaya bisa lepas dr kalaizon. God bless!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mirip nih sm saya, tp saya nggak mau ke dokter, takut, soalnya kepikiran ntar dokter ngasih saran operasi trus gmn hasilnya skrg mbak??

      Delete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Kalazion itu bisa sembuh sendiri gak ya... aku takut kl dioperasi :(

    ReplyDelete
  35. Hai semua... seminggu lebih yg lalu anakku usia 3th Bru insisi mata karena bengkak sekali kelopak mata kanan atasnya smpe mata tertutup. Ni udah seminggu lebih setelah insisi, msih ada lebam meski tdk sebesar sebelum di insisi. Warna gelap agak keunguan. Pasca operasi dokter ksih resep tetes mata dan salep mata juga obat minum. Yg jd pertanyaan Kira2 bs kempes n balik seperti semula g y??? Ga tega liatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lebam, waktu itu juga saya lebam mbak dan akan menghilang dengan berjalannya waktu, nah kalau untuk bengkak itu sendiri mungkin itu efek dari oprasi itu sendiri, kalau masih bengkak mening konsul saja sama dokter. sekian.

      Delete
  36. hai semua ...
    sebagai sharing.. aku udah ngalamin chalazion tiap tahun. bingung mesti gimana. masa tiap kena operasi terus. bahkan bisa dikatakan tiap tahun saya operasi. udah 3 x saya operasi. ini penyakit muncul lagi. bingung. mau dibiarin merasa mengganjal dan gatel. di operasi sakit nya bukan main dan takut berdampak karena sering operasi :(

    ReplyDelete
  37. Aku juga sempat dioperasi ga terlalu sakit, setelahnya mata normal kan tp masih ada benjolan dikit jadi matanyaa ga sama gt, tp kata dokter kalo gatel dikompres ajaa trs kalo bisa kemana mana pake kacamaya

    ReplyDelete
  38. Aku juga sempat dioperasi ga terlalu sakit, setelahnya mata normal kan tp masih ada benjolan dikit jadi matanyaa ga sama gt, tp kata dokter kalo gatel dikompres ajaa trs kalo bisa kemana mana pake kacamaya

    ReplyDelete
  39. Selamat malam kak saya mau tanya kk operasi di mana ya, dokternya siapa dan perkiraan biaya brp ya kak ?
    krn aku lg berencana mau operasi tp takuttt dan masi nyari2 info.. makasih kakk

    ReplyDelete
  40. Ternyata byk juga ya yg kasusnya kek gini. Aku jg ada benjolan di klopak mata bagian dalem.. dan stelah browsing2 kayanya ini jg kalazion. Awalnya sih sepele aja gara2 kena debu di jalan. Udah sekitar 2 bln yg lalu, tapi aku diemin aja krn gak ganggu fungsi penglihatan ku. Eh pagi2 mataku bengkak dan gejalanya miril sm yg awal itu. Dan baru sadar kalau kemardn sore aku kelilipan, dan sdah kuduga ini bakal kyk yg dulu.. sampe skrg kalzion ku masih. Aku bilang ke ibu dan suruh periksa tp aku tkut kalo waktu dkat ini mlh suruh inisiasi soalny 2 minggu lg SBM, jadi aku putuskan periksanya habis SBM. Kallau di sini rata2 penyebab kalazionnya apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru kemaren operasi kalazion dg ukuran gede di mata kiri, sakit luar biasa ya. Awal muncul udah 2 bl lalu, karna abis pake mascara waterproof ga bs bersihin total eh bangun lgs bintitan nyisain kalazion. Terus dokter blg harus insisi saat itu jg. Dokter blg nanti ga boleh makan coklat kacang telur. Btw memang makanan itu pemicu kalazion kah?

      Delete
  41. Aku ngeri bacanya.. :( ada semua mata kanan kiri kelopak atas bawah katanya gara2 mata kering kebanyakan baca buku & hp... Beneran ada semua.. takut operasi :'(
    Gimana ya :(

    ReplyDelete
  42. pasca operasi, matanya ditutup perban berapa lama kak?

    ReplyDelete
  43. Aku 28 agustus 2019 operasi kalaizon, daan hari ini (11 september 2019) tumbuh lagi kaizonnya yg bekas dioperasi. Kira2 itu bisa sembuh total kayak semula ga ya ?

    ReplyDelete
  44. Eh ka mau tanya aku kemarin kn udah insisi kalazion, kira2 berapa lama ya ilang lebamnya

    ReplyDelete
  45. Sehat2 semua ya kak. Semoga kita lebih menjaga dan merawat kebersihan mata kita. Aamiin🙏

    ReplyDelete