Thursday 17 June 2021

Pengalaman Ketika di Operasi Caesar (PRE_EKLAMPSIA) part 1

aku datang setelah 1000 purnama merindu hihihi, aku hadir setelah 5 tahun lebih menghilang dalam diary onlineku, sudah lama sekali aku tak menulis karna hal dan lainnya,datang dengan sebuah cerita bahwa aku sudah menikah dan memiliki seorang anak lelaki bernama abhi,banyak cerita yang ingin aku uraikan disini dari pertama menikah sampai aku melahirkan,namun ada hal yang menakutkan bagiku ketika menghadapi persalinan kala itu. 

pagi itu aku masih mengajar disekolah tempat aku bekerja, waktu itu usia kandunganku baru menginjak 8 bulan,dan tepat hari itu aku harus pergi ke seorang dokter kandungan karna  sudah jadwalnya aku harus kontrol, dengan perasaan yang kurang nyaman karna kondisiku kurang baik, badanku terutama tangan dan jari jemari kakiku bengkak, kata bidan katanya itu normal ketika kamu sedang hamil, akupun lantas tak berpikiran aneh lalu kemudian aku tiba di klinik dokter yang biasanya aku datang tiap seminggu/2 minggu sekali.

dihari itu seperti biasa aku menunggu untuk dipanggil namun sebelumnya perawat akan mengecek tensi dan berat badanku dan menanyakan keluhanku seperti apa, aku penasaran kenapa tangan dan kakiku bengkak, suster itu belum memberiku jawaban karna itu bukan haknya untuk memberi tahuku tanpa pemeriksaan dokter.

akhirnya aku selesai di tensi dan tahukah berapa tensiku yang keluar? 160 tekanan darahku waktu itu, kemudian suster menyuruhku untuk duduk di ruang tunggu dan  setelah 5 menit kemudian aku kembali ditensi dan hasilnya pun masih tinggi, 170. aku panik dan tak lama dokter memanggilku keruangan.

setelah beberapa pemeriksaan akhirnya aku harus segera dirawat di rumah sakit karna aku di diagnosa menderita PRE_EKLAMPSIA.aku mengutitp dari liputan6.com bahwa "Seperti dilansir dari Mayoclinic, Senin (8/7/2013), pre-eklampsia merupakan suatu kondisi yang berbahaya pada saat hamil yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi dan kelebihan protein dalam urine. Penyakit ini timbul setelah 20 minggu usia kehamilan. Apabila tak segera diobati, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi bagi ibu dan janin seperti.


dokter kala itu memberiku penjelasan mengenai bahaya pre-eklampsia, kematian janin sampai ibu yang dapat meninggal,bisa bayi yang selamat bahkan keduanya tidak bisa diselamatkan, aku takut dan mempertimbangkan apa yang terbaik untuk kondisi ini semua, dan pada akhirnya keputusanku adalah, aku harus seegera dirawat dan bahkan harus segera di caesar.

to be continue part 2 ya....

No comments:

Post a Comment