Saturday 24 January 2015

Resep Membuat Snowball / Bola Susu

liburan itu sangat menyenangkan kalau udah nulis,masak sama baca novel,apalagi kalau cuacanya rada sedikit melow hahahah tambah lagu yang galau weh udah..bobo,mantap ihhihih tapi kali ini berhubung aku lagi suka-sukanya yang namanya masak,apapun bahan yang ada di dapur aku goreng,dan kali ini aku mau bawa kalian ke dapur aku yang sederhana untuk memasak satu cemilan manis,tak lain namanya adalah SNOWBALL atau yang sering kita dengar adalah bola susu,penasaran kan buatnya?cekidot!!!!



Bahan yang harus dipersiapkan :
-tepung tapioka (saparapat,nah ini nih aku paling gak bisa nakar,pokoknya kalau beli ke warung aku bilangnya saparapat,pokoknya gimana porsi,aku sih porsinya sedang gak banyak)
-susu kental manis (aku beli 1 kaleng)
-perasa buah-buahan (nah kalau ini bisa dari pop i*e, atau marim*s,pokoknya yang gitu-gitu deh,rasanya bebas)

cara membuat:
-masukan susu kental manis kedalam wadah yang cukup besar
-sangrai tepung tapioka selama kurang lebih 10 menit,terus aduk dan di aduk tepungnya
-setelah kurang lebih 10 menit ,masukan tepung yang masih panas kedalam wadah yang berisi susu kental manis.
-aduk adonan sampai benar-benar bisa di aduk,masukan perasa tadi,bisa 1 sachet atau 2,bagaimana selera,perhatikan ketika mengaduk atau memasukan tepung harus perlahan agar tidak kelebihan,lalu tepung tapioka itu jangan semua di masukan ,sisakan untuk nanti membentuk adonan sedikit saja.
-kemudian bentuk adonan sesuka hati,mau bentuk cinta,bentuk bulat,bentuk piramid,terserah itumah hahaha sesuai selera,mau bentuk rumah juga bisa kalau bisa mah hiihhih
-terakhir setelah dibentuk masukan adonan itu kedalam kulkas /pendingin selama beberapa jam,pokoknya tunggu sampai adonan keras dan bisa di hidangkan.

dan cemilan pun siap di konsumsi...selamat menikmati.


8 comments:

  1. The.itu memang harus msh panas ya tepungnya.soalny au coba tapi jd mengeras..;) mhn bantuanya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tepung tapioka kan?iya jadi si tepungnya itu harus panas...terus masukin ke susu kental...aduk-aduk terus sesuaiin ajah..mengeras mungkin karna kurang susu kentalnya...kebanyakan tepung..coba ddeh takar dulu..sesuaiin..

      Delete
  2. Ka cetakannya yg kaya gimana ya? Atau di bulat bulat pake tangan aja?

    ReplyDelete
  3. Teteh kalo mau ditambah air sedikit bisa ga? Soalnya kalo gitu moal amis pisan nyah?

    ReplyDelete
  4. ka kalo susunya sachet an, boleh engga? kira kira butuh berapa sachet yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh yang penting susu kental manis, hmmm berapa sachetnya coba kamu sesuaikan dengan tepung kanji nya.semoga bermanfaat.

      Delete