Monday 10 December 2012

5 Tips Pede Presentasi di Depan Kelas





kemarin itu saya sempat presentasi  2 mata pelajaran berturut-turut, dan alhamdulilah saya sukses meskipun ada beberapa kendala yang sedikit menghadang namun itu tak di jadikan masalah yang berati karena saya tampil dengan baik.

kendala yang saya hadapi bukan saya kurang percaya diri tapi faktor eksternal yang kurang menunjang berlangsungnya presentasi saya ,hmmmm dan sekarang saya akan berbagi tips bagaimana anda bisa pede atau percaya diri saat presentasi,yang kadang kala kurang rasa percaya diri malah bisa membuat acara presentasi anda (kok jadi formal gini ya??heheh)menjadi kacau.cekidot!!




1.persiapan.

sebelum kamu memulai persentasi kamu ,sebaiknya lakukan persiapan terlebih dahulu. bentuk dari persiapan itu sendiri adalah,jika kamu orangnya pelupa ,kamu cukup tulis poin-poin materi yang akan kamu bahas untuk persentasi kamu,setelah kamu tulis poin -poin tersebut kamu di kertas,kamu berlatih di depan kaca atau kamu berlatih di ruangan yang gak ada orang,kemudian kamu coba hapalkan materinya menurut poin-poin yang kamu tulis tadi.jadi ketika esok hari kamu akan presentasi kamu tinggal baca poin-poinya aja jika suatu saat kamu lupa,istilahnya itu hanya pengingat,tapi jika guru kamu menganjurkan untuk tidak mebaca atau mencontek,1atau 2 minggu sebelumnya kamu harus bisa menghapal di luar kepala. nah tapi sekarang kalau presentasi pasti pake power point tuh,nah kamu liat ajah poin-poin nya di layar.jadi ya intinya kamu MENGHAPAL. kalau gak menghapal ,kalau kamu cuma liat-liat bukunya ya ,mau gimana bisanya??

2.penampilan

penampilan saat kamu akan presentasi di depan kelas  adalah hal yang tidak boleh kamu lewatkan, why???penampilan kamu juga akan menambah rasa pede kamu saat presentasi,yah minimal kamu rapih dan perhatikan sikap dan etika kamu di depan kelas,jangan saat kamu sedang presentasi kamu "kentut" kan gak lucu ,masa iya gitu kentut,ahk itumah gak kesopanan ajah...makaanya gunain tata krama kamu.

3.tenang

okey , sekarang kamu tampil,kamu urutan ke-2 dan kelompok pertama sedang presentasi, kamu tenang, tarik nafas,rileks ajah rileks....dan berdoa. setelah kamu berdoa kamu perhatikan kelompok pertama itu , setelah itu kamu coba menghapal materi yang kamu hapalin.

4.santai

dan sekarang kamu tampil, okey..santai ajah jangan gugup!!! cara kamu biar gak gugup adalah ketika presentasi jangan sesekali melihat mata temen kamu yang ada di depan kamu tap liat kursi,meja,tembok yang ada di depan kamu,pokonya liat benda mati.kenapa??mungkin ini rada nyeleneh yah,tapi ini tips jitu melawan rasa gugup,aku buktinya!!!soalnya kalau kita memandang mata teman kita ,pikiran kita akan sedikit kabur,gk percaya???cobain ajah!!!tapi jika kamu melihat benda-benda mati kamu akan bisa menyampaikan informasi dengan baik,tapi jika kamu sudah menghapal kalau enggak??yah...kalau liat tembok ajah semua orang juga bisa.hehe

5.fokus

dan ketika sesi pertanyaan di mulai dan salah satu teman kamu bertanya,kamu harus fokus!!!perhatikan teman kamu yang bertanya,cerna pertanyaannya dan pahami kemudian setelah kamu tahu jawabannya kamu diskusikan terlebih dahulu dengan anggota kamu,setelah ada kata sepakat baru kamu bisa jawab.


nah itu dia tipsnya...yah suskes enggaknya tergantung kamu juga kawan...so semangat,belajar dan berdoa!!!good luck guys!!!





No comments:

Post a Comment