Saturday 23 February 2013

Sekilas Tentang Umur dan Kematian

hiiiiiiiiiiii...serem yah judulnya?okey aku rasa emang serem judulnya,sebagian orang enggan memikirkan atau menghayal tentang kematian,aku sendiri terkadang merasa takut menghadapi hal itu,tapi sesuatu yang hidup pasti suatu saat akan mati,termasuk kita manusia.


umur aku sekarang 19 tahun berati  1 tahun lagi aku menginjak umur 20 tahun,itu berarti orang - orang yang lebih dulu hidup otomatis umur mereka juga bertambah,seperti kedua orang tuaku,neneku,atau bahkan orang-orang yang ada disekitarku yang umurnya lebih tua di banding aku sediri.

terkadang aku sering memperhatikan mereka yang umurnya jauh lebih tua di banding aku,contohnya kaya nenek aku sediri,mungkin umurnya sekarang kurang lebih 80 tahun dan itu artinya  nenek aku sudah tua,dulu waktu aku kecil,disebelah mata nenek keriputnya gak terlalu banyak ,dan setelah waktu berjalan lama ternyata kerutannya makin banyak dan hampir seluruh permukaan wajahnya penuh dengan kerutan.maklum namanya juga juga udah tua,mungkin 40 atau 50 tahun lagi aku juga kaya gitu,tapi semoga aku berumur panjang seperti nenek aku.

dan tak hanya nenek aku saja yang sering aku perhatikan ,banyak orang sekitar yang berada di lingkunganku yang dulunya giginya lengkap sekarang mulai berkurang,yang dulunya rambutnya hitam sekarng memutih,yang dulu badannya gemuk sekarang kurus,yang tadinya ada sekarang pergi ,boleh jadi itu karena faktor usia atau karena memang sudah waktunya.

tanpa kita sadari umur itu kaya pohon  hijau kemudian gugur lalu tumbang,fase hidup kita mirip pohon awalnya kita hanya sebuah benih dari pohon lainnya,kemudian kita tumbuh besar ,kita berdaun hijau,lalu tak lama kemudian setelah itu kita berbuah dan waktu berlalu dengan cepat  daun kita berubah menjadi kuning atau bahkan coklat,hmmm daun kita berguguran dan mati karena termakan usia.itu fase normal dalam sebuah kehidupan bayangkan jika pohon itu tidak mengalami fase-fase tersebut,mereka mati bukan karena hal yang wajar tapi di tebang,tumbang oleh terpaan angin dan hujan,seperti hal nya manusia jika kita berharap umur kita akan panjang itu sama saja kita berharap sesuatu yang sulit,kenapa sulit?karena kita gak tahu kita berumur panjang seperti pohon yang tumbuh normal atau pohon yang tumbuh kemudian tumbang.

bukan kita saja anak muda yang semakin bertambah umur kemudian semakin tua,bukan orang tua kita saja juga,bukan juga mereka yang lebih dari kita akan tua,bumi kita pun yang dari nenek moyang kita yang masih sanggup menampung kita yang umurnya aku juga gak tahu berapa tahun ,dia juga udah tua,apa bumi akan mati??ya!!bumi juga akan mati suatu saat,dan kita juga gak tahu itu kapan.

umur dan kematian tak ada yang tahu kapan kita berakhir,hanya persiapanlah yang memang harus kita persiapkan,dan menunggu untuk itu.apa yang kita tanam itu yang akan kita tuai,kebaikan yang kita tanam kebahagian yang kita tuai,dan sebaliknya.


No comments:

Post a Comment