Monday 6 July 2015

Perbedaan



Beda,ketika kita memikirkan sesuatu yang tak sejalan,merasa berbeda dalam segala sesuatu yang kita harapkan,beda apasih hal yang terlintas di pikiran kalian tentang kata tersebut?beda adalah negara kita,ketika kita memiliki Bahasa yang berbeda,adat yang berbeda,agama yang berbeda,tapi kita tetap satu,satu negara kesatuan republic Indonesia,satu Bahasa,Bahasa Indonesia,kita tahu segala perbedaan di negara ini membuat kita jadi satu,satu tujuaan untuk mengharumkan bangsa Indonesia di mata dunia,kita tahu tentang agama saja yang dianut setiap warga yang ada di Indonesia ada 5 agama yang kita tahu ada disetiap daerah,islam,Kristen,katolik,budha dan hindu,kita hidup berdampingan tapi kita tetap satu,satu keluarga dalam sebuah negara,hmmm indah bukan perbedaan?belum lagi etnis yang banyak tinggal di negara kita,meskipun berbeda tapi kita tetap sama.


Itu adalah sekilas perbedaan yang terjadi di negara kita,lalu bagaimana perbedaan-perbedaan lain yang terjadi dengan diri kita sendiri?perbedaan prinsip,pandangan hidup,sifat,kesukaan dan hal-hal lainnya yang membuat kita berbeda,seperti halnya cinta.

Ada yang bisa mempersatukan cinta dengan perbedaan ada juga yang membuat cinta bersatu karna perasamaan,lalu bagaimana denganku sendriri,kita,antara aku dan dia,kita adalah beda yang dipersatukan tuhan,kita benar-benar beda,bayangkan saja segala sesuatu hal banyak yang membuat kita berbeda,aku yang banyak bicara sementara dia senang berdiam diri,aku yang suka membaca karya sastra dia sama sekali tak menyukai membaca,..dari segi fisik saja kami berbeda dia hitam aku putih,dia gemuk aku kurus,dari semua perbedaan itu aku hanya mengharapkan satu,kita memiliki tujuan yang sama,cinta.

Mungkinkah tuhan menyatukan kami hanya karna satu alasan?cinta?takdir?atau apa?kita tahu perbedaan itu akan membuat segala sesuatnya menjadi rumit,pernah suatu ketika kita memiliki hobby yang berbeda ,dia menyukai bola sedangkan aku tidak,kita selalu tak sepaham hanya karna masalah sepele,aku tahu ini salah,aku tahu kita memang berbeda,tapi kenapa tuhan masih membiarkan kita bersama?ada ceritak lainkah di balik ini semua?aku bertahan dalam perbedaan.
Suatu ketika aku pernah bertanya “apa perasaanmu?”lalu dia menjawab “sayang’’ ,satu kata yang yang berarti membuat kita satu , seperti halnya perbedaan yang ada di negara kita tapi memiliki tujuan yang satu,seperti halnya aku dan dia kita satu,satu perasaan yang sama,dan berharap dengan tujuan yang sama.

Benar ,kita memiliki tujuan yang sama tapi lagi dan lagi kita memiliki pandangan yang berbeda,dia beranggapan untuk mencapai tujuan itu cukup memakan waktu yang lama dan jarak yang sangat jauh,tapi menurutku jarak itu dekat,aku takut kalua perbedaan itu yang akan membuat kita benar-benar tak satu tujuan,aku takut kami tak satu arah,aku kah yang akan menepi terlebih dahulu?ataukah dia ?perasaan takut akan takdir kami,membuatku yakin kita memang berbeda,sangat berbeda ,dan banyak hal yang membuat kami berbeda .pertanyaannya?kenapa tuhan masih membiarkanku tetap berdiri disampingnya?karna tuhan tahu perbedaan itu kalah dengan alasan tulus kenapa aku menyayanginya,alasan yang aku sendiri yang tak mengerti apa,kenapa dan bagaimana bisa?itulah misteri yang ingin aku pecahkan,apa akhir dari cerita ini?bahagiakah atau bahkan sebaliknya?siapa yang akan menyakiti dan siapa yang akan tersakiti.

Aku tahu ini terlalu jauh untuk menafsirkan perbedaan tentang cinta diantara kami,namun saat ini hanya keyakinan yang mampu membuatku bertahan dengan semua perbedaan ini,lagi lagi ini hanyalah misteri tuhan aku sendiri tak mengerti apa maksud semua ini,hanya satu hal sabar dan mari kita tunggu apa jawaban tuhan yang akan diberikan kepadaku.

Terkadang aku sering berpikir,pernah sebelum aku bersamanya ,aku dipertemukan dengan sosok yang aku kira dia belahan jiwaku,aku pikir kita memiliki persamaan,kita sama-sama suka menulis,kita suka music instrument,kita meiliki sifat yang sama,kita suka music yang sama,pandangan yang sama ,dan segala sesuatu hal yang sama kecuali jenis kelamin hahah dia cowok dan aku cewek,haha itu pasti.

Tapi entah kenapa persamaan itu malah membuat kita dijauhkan tuhan,bukan dijauhkan tapi kita saling menjauh satu sama lain,ini yang membuatku selalu bertanya kenapa tuhan memberiku hal seperti ini?ada apa?

Aku berpikir dan merenung tentang semua itu,lalu aku sadar akan sesuatu hal bahwa terkadang perbedaanlah yang menyatukan,memberikan kamu  kata ‘lengkap’,aku sadar seperti layaknya siang dan malam,mereka berbeda tapi mereka diciptakan dalam satu kalimat,air dan api,mereka diciptakan untuk tidak saling membara atau membeku,atau seperti tuhan menciptakan tangan,mata,kaki,telinga dan semua yang berpasangan,mereka sama?tidak,terlihat sama tapi jelas ada perbedaan ,tapi mereka  masih satu tujuan,seperti mata untuk melihat,kita tahu mata tercipta sama ketika tuhan menciptaknnya namun pernahkah kita melihat mata kita sendiri?apa ada perbedaan?pasti ada,sekecil apapun pasti ada.


Aku memang khawatir tentang perbedaan ,tapi ada yang membuatku yakin,tak mungkin tuhan merencakan sesuatu jika taka da maksud dan tujuan,kita yang yang seharusnya mengerti,menyadari bahwa akan ada hal yang membuat kita tercengang ,entah itu haru atau kesediahan,yang akan membuat kita menegerti tentang rencananya,berbaik sangka dan jalani apa yang sudah tuhan tentukan,di akhir tuhan pasti akan memberi jawaban dari segala pertanyaan kita,lalu kita hanya mampu menjawab “inihkah tuhan yang sebenarnya kau rencanakan?”

Beda dan sama itu hanya persepsi manusia,tuhanlah yang tahu kita sama atau beda…serahkan segala sesuatunya pasrah dan ihklas.

No comments:

Post a Comment