Monday 25 May 2015

Hemat Borosnya Anak Kosan



Gerah banget sih …haduh..maklum kosan aku gak ada AC nya yang ada cuman AG (angin gelebug)hahaha hmmm…jadi sekarang mau bahas apa nih?hehe  kita bahas soal keuangan yang dialami oleh anak-anak kosan yuk?


Jadi ini termasuk soal ekonomi dimana keuangan bagi anak kosan adalah hal yang sangat wajib untuk kita bahas,kenapa?karna sebagai anak kosan kita di tuntut menjadi seseorang yang mandiri ,kemudian mampu mengelola keuangannya sendiri,seperti ituh….haha

Kita mulai dari uang bulanan,nah biasanya sih orang tua kita kalau ngasih uang ada yang perbulan,atau bahkan perminggu kaya aku,jadi uang jajan sehari-hari selama dikosan yang orang tua kalian berikan biasanya berapa?kalau perminggu bisa berapa?aku sih  kalau perminggu itu sekitar 200.000 jadi kalau sebulannya ada 4 minggu itu artinya sekitar 800.000 kurang lebih,nah uang 200.000 itu biasanya suka abis padahal kuliahnya cuman 4 hari dalam seminggu,jadi berapa tuh perharinya?50.000?yups! dan aku pikir kayaknya aku boros deh ..menurut pemikiran aku sih heheh.

Ini sebenarnya kita lagi bahas soal ekonominya anak kosan yang sedang di ulas secara otodidak sama aku hahah…emmm kita balik ke topic lagi deh,jadi kan tadi uang 50.000 itu cukup boros menurut aku,soalnya gini yah..aku punya beberapa rincian soal pengeluaran itu,nih liat!
50.000 buat apa ajah?
-10.000 jajan
-20.000 makan siang sama malam
-20.000 uang tak terkira (ini uang di gunain kalau ada hal-hal mendadak,kaya beli pulpen,atau fotocopy atau hal-hal lainnya)

Nah sebenarnya aku bisa pake uang yang 30.000 itu buat sehari,tapi dasar aku yang gak bisa ngatur uang /alias boros kadang uang segitu bisa abis dalam sehari,mungkin bagi sebagian orang yang statusnya lebih tinggi dari aku itu uang yang gak seberapa cuman menurut aku uang segitu tuh kalau sehari diabisin udah pemborosan banget,ya gimana orangnya juga sih.

Uang 200.000 itu sebanrnya gak cuman buat jajan doang,berhubung kosan aku bayar listriknya beda jadi kalau perbulan bayar listrik tuh 20.000 sama air gallon sekitar 17.000 jadi 37.000 kan tuh,nah belum lagi kalau sabun,deterjen atau kebutuhan laiinya udah abis aku juga pake dari uang itu,gak tiap hari sih tapi ada ajah hal yang harus di beli,kaya tadi tuh aku beli deodorant sama odol,gak seberapa sih tapi lumayanlah bingung juga.gitu.

Makanya sekarang tuh aku rada ngirit,belajar gak boros gimana cara uang 200.000 itu bisa sisa,lagi ngirit soalnya mau main ke pantai ckckkckc aduh gak juga sih cuman yaa… belajar ngirit ajah guys,cik gimana bisa enggak aku the ya namanya juga belajar.ckckkc.

Jadi anak kosan tuh secara tidak langsung udah bisa mengelola bagaimana keluar masuknya uang itu,ada yang boros,ada yang hemat tergantung orangnya juga sih,tapi kebanyakan anak kosan pada ngirit makanya kalau kalian punya pacar anak kos tuh beruntung karna udah bisa ngatur uang,masih kuliah ajah udah bisa ngatur uang apalagi nanti udah jadi sama kamu mungkin pintar mengatur rumah tangga ckckkck ahahahha haduh…..

Ohh iya anak kosan juga paling seneng kalau ada temennya yang nraktir makan meskipun cuman sepiring nasi sama lauk,lauknya meskipun telor juga alhamdulilah..hahah ini sih untuk anak-anak kosan sederhana kaya aku,mungkin diluar sana ada anak kosan yang lebih beruntung dari aku,yang punya orang tua kaya,mungkin gak terlalu pusing akan hal ini,tapi aku yakin kok meskipun orang tuanya sekaya apapun pasti bisa ngatur uang,ya mungkin posrsinya ajah agak beda.

Hmmmm jadi kalian termasuk anak kosan yang boros apa yang hemat nih?ahahh komen di kolom komentar yah…

Jadi intinya hemat borosnya anak kosan tuh tergantung orangnya,kalau orang itu pandai mengelola uang dia pasti hemat dan tidak menutup kemungkinan dia pasti punya tabungan yang lumayan dari uang jajannya sendiri,hmmmm kalau aku sih belum bisa nabung soalnya ya,..ya…gitu deh hehehe semoga kalian termasuk anak-anak kos yang pandai mengatur uang,apalagi kalau kamu seorang cewek,,,wahh berarti kalau nanti kamu udah nikah kamu pasti mampu mengatur uang rumah tangga kamu..iyooyyy bahasanya ckkckc.

Ahhh udah dulu ah…see you…






No comments:

Post a Comment