Saturday 2 February 2013

tips ketika memilih teman yang baik

akhir-akhir ini aku jarang buat postingan tentang tips,bingung soalnya buat tips apa,tapi ada sedikit ide untuk buat tips yang berjudul tips ketika memilih teman yang baik,hmmm banyak orang yang terjebak karena salah memilih teman dan akhirnya terjebak dalam pergaulan yang salah, aku sendiri bukan ingin menjadi orang yang sok suci atau sok tau,
tapi ini menurut pengalaman aku sendiri,pengalaman teman dan orang sekitar,karena aku ingin menyadarkan bahwa memilih teman yang baik itu sangat penting bagi kita, karena ada pepatah yang bilang "Berteman dengan tukang minyak wangi kita akan ikut wangi, berteman dengan tukang minyak kita akan ikut bau minyak."

dan menurut sumber di google katanya Jika berteman dengan tukang minyak wangi maka tubuh kita akan bisa ikut terkena harum wangi dari minyak wanginya. Jika berteman dengan tukang minyak tanah, kita bisa kena bau minyak tanahnya. Jika berteman dengan tukang sampah kita bisa ikut kena bau busuk sampah.

dan kalian tau gak maksud dan arti yang sebenarnya dari pepatah itu??sedikit aku bahas,maksudnya gini jika dalam kehidupan nyata kamu bergaul dengan orang yang taat beribadah tentunya kamu akan terbawa untuk rajin beribadah juga ,perhatikan percakapan di bawah ada seorang pria kita samarkan namanya "toing" dan "toni ",si toing rajin shalat dan si tono jarang shalat.

"ton...lo dah shalat belom?udah adzan isya tuh!"
"belom ing...bentar deh tanggung nih"
(setelah pukul 8 malam tono belum juga shalat,dan si toing kembali mengingatkan)

"tono ...udah jam 8 tuh,nape lo belom juga sholat???!!!"
"ahk elah...toing...toing...lo cerewet banget sih toing??kaya emak gue ajah"
"astagfirulloh ton...ton... lo sadar gak sih ...umur lo brape taon??masa buat shalat aje lo males ton?inget ton inget,,,lo tuh gak selamanye idup di dunye eh elah ton...sadat ton tobat ,takut neraka lu ton,ya elah !!"

dan si tono yang tadinya keras kepala akhirnya hatinya luluh dan berpikir akan prilakunya yang berleha-leha akan  ibadah shalat,akhirnya tono mengambil air wudhu dan sholat.


lalu perhatikan dengan percakapan yang di bawah ini,kita samarkan namanya bono sama boni,si bono sama si boni punya hobi yang sama ,hobinnya itu adalah maen PS bareng -bareng.

"ahk...gila lo boni ,lo curang!!!harusnya lo kalah tuh"
"apaan sih lo bono..jelas-jelas lo kalahh juga!!!mana duitnye??katanya lo tadi mau taruhan??"
"halah,,,, bentar-bentar,kita maen aje lagi,gimana lo mau gak bono?"
"lo nantang gue kayaknya ye lo??okey gue jabanin ...tapi kalau lo kalah lo double bayar sama gue??!!giaman mau gak loh?"
"okey deh.....gue mau"

(dan permainan pun berlanjut sampai adzan ashar pun berkumandang,dan ibu bono mengingatkan bono untuk shalat)


"sholat dulu..bono!!udah ashar tuh"
"iye...iye..bono entar sholat"
"sekarang bono!!!bukan entar,..ampun dah bocah"

(dan ketika bono akan sholat si boni menghalang-halangi si bono)

"lo mau kemana bono?"
"lo denger kan kanjeng ratu udah nyuruh gue sholat??nah gue mau sholat dulu"
"tanggung no...bentar lagi,udah lo duduk aje dulu,lanjutin dulu gamenya"
"iye..juga ye...iye deh"
"iye...mening lo maen game no...lagi pula emak lo lagi pergi tuh "


(bono pun melanjutkan permainannya sampai terlewat jam untuk sholat,karena adzan magrib berkumandang,dan ibu bono pun pulang dari rumah sodaranya)

"ampun no...dari tadi lu maen PS ,gak bolor tu mate?ngomong-ngomong lu tadi sholat ashar gak"
 "emmmm..anu mak..."
"anu ape lo??"
"iye...tadi sholat"
(padahal bono berbohong,nyatanya dia enggak sholat)



dan mari kita tarik kesimpulan dari percakapan di atas .

 percakapan pertama antara toing dan tono,tono adalah seorang pemalas tapi beruntung tono berteman dengan toing yang rajin akan ibadahnya,lalu toing berhasil mebuat tono sadar akan perbuatannya yang salah,lalu percakapan kedua antara bono dan boni,dalam hati kecil bono dia punya niat baik untuk berbuat baik meskipun karna perintah ibunya bukan kesadaran dirinya tapi bono mau melaksanakan perintah ibunya,tapi si boni temannya si bono malah menghasud si bono untuk tidak sholat,karena pendirian si bono kurang akhirnya si bono kembali main game.


intinya :

perubahan bukan hanya faktor diri sendiri saja yang dapat mempengaruhi pribadi dan pola tingkah  seseorang tapi lingkungan pun sangat besar sekali pengaruhnya terhadap pembentukan pribadi seseorang,jangan meremehkan hal kecil tapi bisa berdampak besar,bagus jika itu dalam hal positif  tapi jika pada hal negatif??kamu juga yang akan rugi.

pintar-pintarlah untuk mencari kawan dan sahabat salah pilih bisa-bisa kamu salah jalan,awas kawan bisa menjadi lawan yang bisa membuatmu terjurumus,meskipun kamu bilang "segala sesuatunya kan tergantung kitanya juga,gak mungkin aku gitu" kamu boleh bicara seperti itu ,tapi saya jamin jika kamu tidak bisa menempatkan diri kamu ,sedikit demi sedikit kamu akan terbawa arus,so pintar-pintarlah mencari kawan dalam pergaulan.




No comments:

Post a Comment