Saturday 6 October 2012

5 hal yang harus diperhatikan saat chattingan di facebook

okey...jadi ceritanya kalau gak salah kemarin-kemarin ,aku sempet facebookan dan kebetulan mantan aku nyapa ,dan karena aku orangnya gak ingin di sangka sombong,akhirnya aku bales sapaan itu,aku kira gak bakalan ada masalah,tapi ternyata pacarnya marah,pacarnya pake account mantan aku ,dia ngirim chat sapaan kembali,dan aku kembali membalasnya ,waktu itu aku gak ada pikiran macem-macem,aku cuman menganggap mantan aku itu teman ,gak lebih tapi mungkin pacarnya menganggap kami ada apa-apa,aku dan pacarnya sempat memanas waktu itu tapi akhirnya pacarnyalah yang meminta maaf terlebih dahulu,emang posisi aku waktu itu gak salah,dan tadi aku kembali dapat masalah gara-gara chatingan..hmmm pokoknya masalahnya sedikit beda,tapi itu membuat aku risih juga,so buat kalian ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat chatingan sama orang di facebook,atau jejaring sosial lainya,kenapa?agar kalian bisa terhindar dari masalah-masalah yang gak harus kalian tanggung,yuk...kita bahas..cekidot!!






1.jangan terpancing


saat kamu OL (on line)baik itu di fb,atau jejaring lainnya,kemudian ada yang menyapa kamu,kamu boleh bales sapaan dia,dengan catatan kamu harus tahu dia punya pacar atau enggak,setidaknya kalau kamu tahu ,kamu bisa jaga jarak,ketika kamu membalas chatingan itu kemudian ada balasan kedua dari orang tersebut kamu jangan terpancing untuk membalasnya lagi,kecuali kamu benar-benar kenal dia,jangan sampai orang yang chatingan sama kamu adalah orang asing atau dia punya pacar,dan pacarnya tahu kata sandinya,bisa-bisa kamu dapat masalah gara-gara hal sepele kaya gini,persis apa yang aku alami,catatan kamu jangan sampai terpancing kata-kata manis dari orang tersebut ,kalau kamu gak mau pusing jangan bales ajah chatnya,atau kamu balesnya jangan terlalu merespon.


2.jangan tergoda

kamu janagn sampai tergoda untuk menyapa duluan lawan jenis kamu,kamu gak tahu kan dia lagi sama siapa atau accounnya lagi di pake sama siapa?tahan keinginan kamu untuk menyapa duluan oranm tersebut,kecuali kamu benar-benar tahu siapa dia.



3.jangan terlalu percaya

guys...ingat ya...chatingan dan jejaring sosial itu adalah dunia maya,kamu boleh chatingan asal kamu tahu siapa orangnya,bisa dia teman sekolah kamu atau sodara kamu,selebihnya buat mereka yang chatingannya sama kamu adalah orang asing,kamu jangan  terlalu percaya,banyak kasus penculikan gara-gara terbuai kata-kata manis atau ajakan orang yang baru kita kenal di facebook,perhatikan profil dia,asli atau tidak,kalau kamu ragu kamu jangan pernah chatingan sama orang yang tidak kamu kenal atau orang tersebut jelas ada hubungan berpacaran atau hubungan lainnya dengan orang lain.


4.pastikan dia tidak bohong

ketika kalian sedang chatingan dan memulai satu pembahasn pastikan dia tidak membual atau berbohong sama kamu,kamu jangan asal percaya sama orang yang kamu ajak chat,memang kita harus berpikiran positif tapi posisi kamu mengaharuskan kamu untuk waspada,ingat sekecil apapun pastikan dia tidak berbohong,kamu jangan sampai tertipu.


5.pastikan photo profilnya dan profilnya asli

kalau photonya di privasikan mintalah dia untuk membuka privasinya agar kamu bisa melihar photo dia,takutnya dia memakai photo oramg lain untuk di jadikan photo profil,namun terkadang banyak photo asli tapi aslinya beda,maksudnya photo yang di gunakan pada photo profil itu asli dia,tapi aslinya beda,itu sering terjadi bisa karena dia hanya bagus di photo profil katrena dia memang bakat di photo ,meskipun sedikit beda dengan yang aslinya tetapi untuk photo dengan aslinya tak jauh berbeda ,tidak halnya dengan photo profil yang menggunakan photo orang lain yang jelas-jelas sangat berbeda dengan aslinya ,makanya kamu harus selektif menilai seseorang,jangna sampai kamu tertipu.pastikan juga profil dia,mulai dari nama,alamat,tanggal lahir,pokoknya semua harus jelas,bertanyalah jika profil dia sedikit tidak jelas,kamu harus waspada,jika sesuatunya tidak jelas bisa saja itu account palsu.



nah itu dia tipsnya,so guys kamu harus hati-hati kalau lagi chatingan sama orang di facebook,baik itu sama orang yang kita kenal atau sama orang yang baru kita kenal,yang kenal ajah bisa ada masalah gimana sama orang yang belum kita kenal,kita gak tahu siapa dia,lebih baik kita waspada,dari pada harus ada masalah yang harus kita hadapi,meskipun kita tak dapat lepas dari masalah tapi setidaknya kita dapat meminmalisir masalah itu datang.

No comments:

Post a Comment